Kamis, 29 September 2011

Alternatif modifikasi motor untuk rekan kita penyandang cacat




Pas lagi perjalanan seputaran Jln Kaliurang, ada penampakan Mio 'aneh' terlihat dari belakang. Spontan saia ngikutin tuh motor. Sekilas ada besi penyangga tambahan di kanan-kiri motor, plus roda kecil nempel di besi tadi. Mungkin sekilas mirip roda bantu buat sepeda si kecil, itu lho, yang dipasang di as belakang sepeda mini.
Pas si rider brenti, saia nyamperin. Eh, ujug-ujug langsung masuk ke sebuah rumah. Gak jadi wis tanya-tanya soal motornya. Ya, akhirnya cuma saia ambil gambar aja. Moga bermanfaat bagi rekan kita penyandang cacat yang tetep ingin mobile dengan sepeda motor, namun menemui kendala.
Pada umumnya, modifikasi motor untuk penyandang cacat, adalah dengan melepas roda belakang, digantikan dengan swing arm lebih panjang, plus sepasang roda belakang pengganti 1 roda belakang. Dengan tiga roda, motor bisa tegak, tanpa harus disangga kaki biker. Cuma, modifikasi ini lumayan ribet, dan butuh biaya agak lebih. Lha buat modif swing-arm, trus modif as penggerak, pasang gir-rantai beserta rem belakang, plus pemasangan 2 roda belakang.
Kalo yang ini, sepertinya lebih sederhana. Buat pegangan bawah dari besi, bisa disambungkan ke bagian bawah dek, yang jelas harus ada laher supaya besi horisontal ini bisa bergerak naik-turun. Kemudian buat dudukan besi vertikal, dari sisi dalam bodi samping motor. Dudukan vertikal ini dipasangi sokbreker, kemudian dudukan bawah sokbreker, digabungkan dengan besi pegangan bawah horisontal dari bawah dek tadi. Sambungan ini kemudian dilas, dan dipasang roda kecil. Bisa berbahan karet atau teflon, seperti roda troli di supermarket itu. Bisa dicari kok di toko bahan bangunan, yang penting kuat untuk menahan beban motor berikut rider dan melindas aspal jaln.
Supaya jelas bisa memelototi gambar di sebelah.
Sedikit catatan, modifikasi ini kayaknya agak susah kalo dibuat jalan gak rata, alias banyak lubang atau rusak. Aspal mulus only deh kayaknya...
Semoga berguna.

Rabu, 28 September 2011

Akhirnya datang juga...


Tanggal 20/09/2011 kemaren, akhirnya dateng juga inden-an Blade adek saia. Setelah sekitar 1 mingguan pesen, lewat jasa mbak Ririn, bisa memangkas waktu inden. Lha tanya-tanya deelar lain, rata-rata inden sampe 2 minggu...belom pengurusan STNK juga 2 minggu. Total bisa sebulan dong...cape deh...
Beberapa bulan sebelumnya, emang ada rencana adek buat ganti Supra X 2002-nya sama yang baru. Berbagai opsi dari berbagai brosur dijadikan bahan engkel-engkelan sama saia. Point-ya ternyata ketemu cuma 2. Harga masuk di bujet (maksimal 15jutaan) en modelnya gak pasaran.
Mau ambil produk S, walah..gak suka model bebeknya. Produk Y, idem. Apalagi produk K, secara history emang belum pernah miara babar blas. Akhirnya mengerucut pada H. Kalau HSX 125, selain pasaran, alias banyak banget yang sudah make, dari harga masih gak nututi. Tombok-nya lebih 1,5 jutaan lebih dari bujet. Duwite sopo mas....
AKhirnya, kok kebeneran beberapa waktu sebelumnya, si New Blade baru dilaunching. Liat modelnya, keren juga. Sudah RDB, model muffler sangar body juga nayamul sporty. Akhirnya diputuskan meminang si Blade ini. Pilihan warna jatuh ke Dominant Black, padahal pemiliknya fans Repsol Honda. Kenapa?? Sepele, gak suka warna velg oranye. Lha mana ada motif Repsol tapi velg hitam??? Akhirnya beli hitam deh...
Impresi berkendara??? Tunggu test ride ya, nopol belom keluar, ora wani njajal ning embong gede (gak berani jajal di jalan raya)...ntar ketangkep silup malah ruwet...sabar aje deh nunggu STNK en nopol...

Minggu, 25 September 2011

Woooiii, silau....pake projector dong!!!







Artikel ini saia 'dedikasi'kan buat pengguna lampu "mahal" alias HID (High Intensity Discharge, bener nggak???). Meski awalnya lebih banyak dipakai di roda 4 alias mobil, kini biker-pun sudah banyak yang pakai, seiring harganya yang semakin terjangkau.
Sebenarnya, gak masalah, mo pake halogen, HID, LED atau apapun. Yang penting, fungsi lampu pada kendaraan semakin bagus, yakni menambah daya penglihatan pada pengguna kendaraan alias semakin terang.
Nah, masalahnya, lampu HID kebanyakan memang super terang, entah yang super white, blue dan kawan-kawan. Celakanya, sinarnya kadang terlalu lebar dan tinggi, sehingga malah membuat pengendara dari arah berlawanan jadi silau. Ini yang malah membahayakan. Padahal itu lampu dekat, apalagi kalo di-dim pake lampu jauh....blaaarrrr....silau bener!!! Saia sendiri sudah sering mengalami, silaunya berpapasan dengan mobil (kebanyakan) yang pakai HID. Padahal, sebenarnya, teori pemakaian HID paling cocok dikombinasikan dengan projector-nya. Jadi, meski sinar lampu sudah super terang, akan diatur oleh si projector ini, supaya fokus ke jalan, gak terlalu tinggi ke depan.
Susahnya, emang perangkat ini agak mahal, tapi kalo buat pemilik mobil yang udah pake HID, mosok sih, bisa modif mobil bagus, beli lampu HID mahal, kok gak bisa beli projector-nya???? Kalo pingin agak murah, bisa pake part copotan alias used alias bekas. Tetep terang dan keren kok...
Biar gak nanggung gitu...modif keren, fungsional dan aman, baik buat diri sendiri maupun orang lain. Kalo gak mampu, mending disetting ulang aja sorot lampu HID-nya, biar gak bikin silau orang lain. Padahal, kalo mau contoh, produsen roda 2 sudah pake projector lho di Bajaj Pulsar 220. Sudah terang, keren, dan gak bikin silau rider lain. Sip itu pabrikan...
Moga bisa 'menyadarkan' banyak pihak untuk lebih memperhatikan safety di jalanan.
thanks to om saft...

Kamis, 08 September 2011

Kode lokasi berdasar nopol kendaraan (1)


Iseng browsing, nemu link di wikipedia, tentang kode lokasi kendaraan dari nomor polisinya. Mulai dari Malang dulu ya, ntar area lain menyusul. Mohon dikoreksi bila sekarang sudah ada update tambahan, mengingat perkembangan luas daerah dan populasi kendaraan bermotor.
Kode xxx, pada area tengah nopol, tinggal diganti dengan angka, sesuai yang tertera pada nopol kendaraan sampeyan. Nah, kalau kode x dibelakang huruf, tergantung masing-masing Kepolisian wilayah memberi kode. Yang jadi patokan adalah huruf paling depan (kali ini membahas N) dan huruf belakang (A,B,C,G dst).
Contoh, Meggy saya N 2207 HY, jelas wilayah Kabupaten Malang. Data dari wikipedia sih,kode O kayaknya belum ada. Misal N 4161 OG. Nah, empunya NMP plat ini kabarnya berada di area Bangil, mungkin belum ter-update nih...hehehehehe...
Monggo dicermati...

Rabu, 07 September 2011

Maksudnya apaan sih??? Iklan CBR 150R...


Sebenernya, pas pertamax liat iklan si se-be-er ini, wadoh, niatnya mo langsung diketik artikel-nya. Lha kok ndilalah, sampe berhari-hari, berminggu-minggu gak kesampean...biar deh agak telat en dibilang dopost (ada tuh di warungnya pak bons http://2brk.wordpress.com/2011/08/11/iklan-cbr-150-lebih-garang-dari-cbr-250-apakah-nyatanya-juga-demikian/ )
Maksudnya apa ya sebenarnya bikin iklan, si CBR 150 cornering sampe gasruk aspal en 'mlethik' api yang kayaknya entah dari footstep ato standar tengah???
Apa cuma bikin efek biar keren en dramatis??
Ato mo ngasih tau kalo si CBR ini wenak banget buat nikung sampe gak sadar kalo gasruk aspal??
Ato malah secara gak sengaja nunjukin kalo mo pake CBR di sirkuit, ganti tuh footstep pake footstep resing en lepas standar???
Padahal, secara speed, Kawasaki Ninja KRR 150 aja, yang jelas lebih buuuuanter(kenceng), kayaknya malah gak pernah ngiklan tuh, he..he..he..
Hanya AHM yang tahu...
(trims buat mas Aziz yang entah rela ato gak saia pajang iklannya...)

Selasa, 06 September 2011

Plat nopol baru...wagu???




Lama gak online...pas online lagi ruwet pisan, jadinya blog terbengkalai deh...
Mulai ngisi lagi ah...soal plat nomor nih
Sekitar bulan 07 (Juli 2011) mulai berseliweran motor-motor baru, dengan plat nomor model baru pula. Sesuai aturan baru dari Polri, emang ukuran/dimensi, jenis huruf dan angka ada perubahan dari sebelumnya. Katanya sih, menyesuaikan dengan 'luar negeri' yang juga pakai ukuran agak besar alias gede.
Lah, kalo saia perhatikan kok malah jadi wagu ya??? Ukuran plat-nya lebih besar, tapi tulisan dan angka agak kecil. Jadinya gak seimbang en bikin ada banyak ruang kosong.
Kalo alasannya biar mirip di sono (luar-red), lha wong disono gak ada motor kecil kayak bebek en matik kayak disini. Motor di negara lain umumnya gede-gede alias moge, ya pantas kalo plat nomornya juga gede.
Lha kalo disini??? Kayaknya jadi kegedean plat nomor gitu...
Wong plat nomor model lama aja, yang notabene lebih kecil, sudah pada diakalin biar lebih kecil lagi, lha ini malah diperbesar...oalagh...
Ya gak tau juga sih pendapat mas bro lain, yang mungkin berbeda dengan saia...soal selera en pandangan mata tiap orang beda-beda ya...
maap, gambarnya nyomot dari sumber lain...