Minggu, 30 Oktober 2011

Penolong di kala susah




Hari Minggu pagi, saia sekeluarga berangkat ke gereja. Seperti biasa, jam 06.30 langsung tancap gas naik si meggy. Udara pagi agak dingin, saia gak memacu meggy kenceng-kenceng, sekitar 30-40an kpj aja, lha kebetulan si kecil minta duduk depan pula. Sekitaran Klenteng Lawang, lha kok mendadak terasa handling si meggy liar banget. Gak sampe sedetik, ban belakang geal-geol gak karuan. Saia berusaha gak panik, mengerem bertahap sambil berusaha minggir. Berhasil, saia berhenti di pinggir jalan sekitar 200 meteran dari mulai ngepot tadi, lalu lintas lagi sepi. Istri sama si kecil saia suruh turun dulu. Saia cek, ban belakang kempes total, gak ada angin blas. Akhirnya saia tuntun sambil cari bengkel tambal ban.
lha memang masi pagi sekali, ya gak keliatan ada bengkel buka. Seingat saia, di sisi kanan jalan, dulu pernah liat ada tempat tambal ban. Akhirnya kita nyebrang pelan-pelan. Eh, ternyata bener ada. Tambal ban keliling sebenernya. Thanks God...
Karena takut sampe lama, sementara udah hampir jam 7, akhirnya istri sama si kecil saia naikkan angkot ke gereja, toh tinggal 2 kiloan lagi, ntar saia susul kalo dah selesai nambal.
Sambil bongakr ban, saia jagongan sama si mas tukang tambal ban. Usut punya usut, benernya tadi dia dah mau pulang. Pas lagi beres-beres, liat saia dari jauh nuntun motor. Akhirnya gak jadi dan nungguin saia. Ternyata bukan bocor, tapi sobek pas cop pentil ban. Walah, pantesan langsung abis anginnya, lha wong ngowos dari sobekan alias lubang segede gaban gitu. Mau ganti ban dalam, mas-nya gak punya stok buat ring 18, mo beli belom ada bengkel buka. Akhirnya, mas-nya sanggup ngakali sambil ngasi jaminan kekuatan. Darurat...
Sobekan dijahit dulu sedikit, trus dikasi lem, trus ditambal karet agak lebar. Baru dipanasi. Sambil nunggu merekat sempurna, kami ngobrol. Mas ini emang tukang tambal ban keliling sekaligus jual bencin ecerean. Beliau buka alias stand by mulai jam 6 sore sampe pagi di lokasi itu. Berbekal Suzuki Smash 2009, dengan keranjang di jok belakang berisi botol bensin, perkakas tambal, pompa tangan dan tikar, itulah rekan kerjanya.
Kalau siang, mas-nya ngojek sambil antar jemput anak sekolah. Malam sampe pagi ya 'dinas' di jalanan.
Gak kebayang deh kalo saia yang nglakoni kayak gitu...gak kuat kayaknya..
Sambil senyum sembari menyelesaikan pekerjaannya, mas-nya, yang saia lupa nanya namanya, cerita, gak berat kok kerja kayak gitu. Sambil nolong orang kesusahan di malam hari, juga cari rezeki yang halal.
Saia mikir, betul juga. Lha pas malam atu dinihari, entah kehabisan bensin atau malah ban kempes kayak saia, gak ada 'penolong' seperti mas tambal ban ini, waduh, bisa nuntun motor beberapa kilo nih...mana gelap, rawan kejahatan pula. Pekerjaan yang mulia meski keliatan sepele buat banyak orang...
Singkat cerita, lem merekat sempurna. Di tes, dah gak ada yang bocor lagi. Pasang ban ke velg, ngok---ngok--ngokk.... si mas mompa ban pake pompa tangan. beres, saia tanya ongkos. Cuma IDR 7 ribu masbro...akhirnya saia serahkan lembaran 10 ribuan sambil pesan gak usah dikembalikan sisanya. Mas tadi senyum sambil bilang makasih. Dia membereskan peralatan, bersiap pulang. Saia juga bersiap neruskan ke gereja. "Ngaso mas habis ini?" saia nanya sambil menghidupkan motor. Mas-nya jawab, "Yo siyap-siyap mas, abis mandi , trus ke gereja juga sama keluarga." Whoalah, ternyata ketemu saudara seiman. Saia salami sambil pamitan...
Terima kasih ya mas tambal ban...kalo gak ketemu sampeyan, bisa nuntun motor sepanjang jalan nih...
Betul kata mas-nya tadi, nolong orang sambil cari rezeki...

Selasa, 25 Oktober 2011

Harley Davidson recall produknya karena masalah rem




Produsen moge "bledheg" a.k.a Harley Davidson, Selasa, 25/10/2011 secara resmi menarik / recall produknya. Motor yang ditarik terdiri dari HD CVO Touring dan Trike (roda 3) model 2009-2012. Keduanya diproduksi pada 6 Juni 2008 dan 16 September 2011. Total unit yang direcall di seluruh dunia mencapai 308.000 unit. 251.000 unit berada di AS, dan sisanya ada di berbagai negara, mungkin juga di Indonesia.
Dilansir Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat NHTSA, hawa panas dari knalpot mampu merusak switch rem lampu belakang. Bahkan, yang lebih berbahaya, panas knalpot yang berlebihan bahkan mampu merusak tabung reservoir minyak rem (belakang) hingga mengakibatkan kebocoran. Waduh, bahaya banget nih. Lha kalo minyak rem bocor, pasti rem belakang nyeplos dong alias blong???
Menurut informasi, konsumen yang motornya ditarik, hanya akan mendapatkan penggantian komponen yang bermasalah, bukan keseluruhan unit motor, alias bukan diganti baru motornya. Enak bener, mungkin begitu pikir pihak HD. Belum tau juga sih, komponen apa saja yang diganti, apa knalpotnya, switch rem lampu belakang, ataupun tabung minyak rem belakang.
Ayo, yang punya HD tipe ini, segera melapor yak...daripada nanti bermasalah dan mengancam keselamatan sampeyan sendiri...

(gambar dari ultimatemotorcycling.com)

Senin, 24 Oktober 2011

Pasang boks (konsol) bawah setang Mio






Yamaha Mio generasi awal, yakni mulai 2005-2006, mungkin juga 2007 CMIIW, emang masi belum dilengkapi kompartemen bagasi di bawah setang. Kalo yang baru-baru sih, sudah built-in dari pabrikan. Namanya juga produk baru, pasti ada penyempurnaan.
Karena punya saia belum ada, saia berniat memasang sendiri. Soalnya pernah lihat Mio temen kantor 2005, dipasang bagasi bawah setang dari bahan jaring-jaring kawat besi gitu.
Pas istirahat makan siang tadi, iseng ke sentra otomotif di Malang, yang terkenal sejak dulu kala yaitu Comboran. Soal Comboran, akan saia buatkan artikel sendiri deh besok-besok (moga gak lupa).
Ngubek-ubek beberapa toko aksesori, rata-rata bilang gak ada, soalnya emang produk agak lama. "Kan Mio sekarang sudah ada semua Mas,"ucapan seragam dari pemilik toko aksesori yang saia masuki. Nemu satu, model jaring kawat akhirnya. Walah, sudah berdebu, mungkin lama gak terjual, pas saia cek, satu dudukan malah patah. Ra sido wis...
Pindah ke toko lain, meski agak pesimis, saia nanya juga. Wah, masih ada. Sebiji, model jaring kawat, tapi agak besar ukurannya. Harganya IDR 20 ribu. "Ada model lain bos, dari fiber. Tapi cuma tinggal sebiji juga, wrana biru,"tawar si penjual. "kayak gimana model-e, mas?" saia penasaran. Akhirnya diambilkan. Begitu dibuka, buset, sampe berdebu gitu. Kalo modelnya sih mirip boks bagasi Mio baru, cuma sedikit beda bentuk en finishing. Maklum, fiberglass, bukan ABS kayak pabrikan...
Kok yo pas, motor-e yo warna biru."Langsung plek gak nih mas??" saia agak kuatir,nanti telanjur dibeli gak bisa dipasang. mengingat kalo yang model jaring buat dudukan ada 4, yang ini cuma 2 di samping, en 1 di tengah.
"Sampeyan pasang karo merem iso bos, wong plek!!" si penjual senyum-senyum liat saia ragu-ragu. Akhirnya saia beli juga, harga pas IDR 45 ribu. Langsung bungkus, lha gak bisa nego lagi...
Sore, pulang, nyampe rumah ditanyain istri, bawa apa. Pas tak bilang buat masang boks di Mio, "Heemmm, kumat maneh seneng modif" katanya. Saia bantah aja, kan tambah apik, bisa buat naro dompet or hape. Akhirnya, setelah terpasang rapi, gak protes lagi tuh, he..he..he...
Pasangnya, gak bener kata si penjual, bisa sambil merem. Bisa-bisa patah tuh. Kalo gampang sih iya. Tinggal lepas baut dek belakang sayap kiri-kanan, plus baut bawah setang 1, plek, pasang si boks, trus sekrup lagi pakai baut tadi. Beres...jadi kayak Mio baru, ada boks konsol bagasi bawah setang. Soal warna, yang jadi kekuatiran saia ternyata gak terbukti, klop tuh. Jadi ganteng deh.
Modif selanjutnya??? Sudah ada gambaran, tinggal tunggu waktu en dana, juga ijin dari "bendahara" he..he..he...

Minggu, 23 Oktober 2011

Si Bengal itu telah tiada





MotoGP berduka. Minggu, 23 Oktober 2011, awan duka nan kelam menyelimuti Sirkuit Sepang Malaysia. Marco Simoncelli, pembalap tim satelit Gresini Honda, pukul 16.56 WIB dinyatakan meninggal setelah sebelumnya mengalami kecelakaan di lap kedua MotoGP Sepang Malaysia.
Simoncelli, pada saat lap kedua, berebut posisi dengan Bautista (Suzuki). Ketika menikung, dia loose grip dan tergelincir pas tikungan. Sialnya, motor terseret ke arah kanan, dan posisi tubuh Simoncelli tergeletak di tengah lintasan, tepat pada racing line. Colin Edwards, yang melaju pada kecepatan tinggi pada racing line, tidak mampu menghindar. Crash-pun terjadi, Edwards melindas tubuh Simoncelli. Sekilas, yang terlihat, mengenai area punggung hingga leher, sampai helm Simoncelli terlepas. Edwards ikut terjungkal, diserempet pula oleh Valentino Rossi yang melaju persis di belakangnya. Rossi out ke gravel, namun selamat dan masih bisa kembali ke trek. Kondisi Edwards sendiri mengalami cedera bahu (dislokasi).
Entah apa yang terjadi, dengan kondisi proteksi rider yang super maksimal, antara lain Helm standar internasional, boot kualitas tinggi, wearpack berbahan kevlar tahan gores, tahan api serta full protektor, mulai pelindung tulang kering, dengkul, paha, lengan bawah, siku, lengan atas, pundak, hingga punggung, juga sarung tangan berbahan sama, resiko tetap sangat tinggi bagi rider Moto GP, yang secara normal, bisa melaju pada kecepatan diatas 200 km/jam.
Yang jelas, semua sudah melalui prosedur pengecekan safety, baik rider dan motornya, juga kondisi lintasan.
Manusia berencana, pada akhirnya Tuhan yang menentukan.
Selamat jalan Marco, kami semua akan tetap mengenangmu. Semangat pantang menyerah dan sedikit bengal, ciri khasmu akan selalu menjadi legenda di MotoGP.

Kamis, 20 Oktober 2011

Kok lama ya??? STNK dan nopol baru....



Adik saia bolak-balik ngomel via SMS, kok gak keluar-keluar sih STNK sama nopol si Blade? Saia juga berkali-kali nanya ke mbak Ririn, yang ngurusin motornya. Jawaban tetep sama, masi diproses di Samsat. Akhirnya, Rabu siang 13/10/11 ditelepon, kalo STNK beserta nopol bisa diambil di dealer. Bapak yang akhirnya ngambil. Suwe-ne rek....
Pengiriman unit 20/9/11, STNK+plat nopol baru jadi 13/10/11.
Samsat ngapain aja? 3 minggu bro, baru jadi. gak bisa dipake di jalan raya, otomatis jarak tempuh juga baru sedikit.
Di odometer saia lihat masih 69 km. Berarti, untuk servis pertama, saia pakai pilihan kedua, yaitu waktu, bukan jarak tempuh. Kalo sesuai buku pemeliharaan, servis pertama dilakukan saat 500 km, atau waktu 2 bulan pemakaian.
Padahal, informasi dari pihak dealer, pengurusan stnk maksimal 2 minggu, sedang BPKB 1 bulan. Kalo BPKB mah, saia paham kalo makan waktu lama. Wong pas saia ngurus sendiri si GL Max, emang nyampe 1,5 bulan baru kelar.
Kalo STNK kan saia rasa lebih pantas diprioritaskan, karena supaya kendaraan bisa dipakai secara legal di jalan raya. Kan gak mungkin silup razia BPKB di jalan toh? pasti yang ditanyakan STNK.
Jadi sekedar saran aja buat Samsat Kabupaten Malang II (Malang Utara), agar sedikit dipercepat untuk proses pengurusan STNK. Lha pajak tahunan aja cuman 5 menit masbro, mosok jauh banget perbedaannya??
Bravo Samsat Malang II...tingkatkan kinerjamu!
(gambar dari satlantasresmalang.com)

Anggota "Anjas" yang baru


Akhirnya, bertambah satu kendaraan keluarga saia. Buat keperluan anjas (antar jemput anak sekolah) yang dipakai istri saia. Sebelumnya, memang menjadi dilema soal alat transportasi ini. Karena nyonya belum 'gape' mengendalikan roda 2, apalagi roda lebih dari 2.
Pas awal-awal TK, sekitar bulan Juli, berangkat sekolah tetap bareng saia, pulangnya dijemput nyonya pake 'GL' alias Genjot Langsung alias sepeda pancal. Lama-lama, kasian juga, panas-panas, masi mancal mboncengi si thole yang lumayan gendut. Akhirnya ada pikiran buat nyari kendaraan buat keperluan itu.
Awalnya nyonya agak gak setuju. Selain soal anggaran alias bujet, dia juga kagok dengan yang namanya motor. Kayaknya sih trauma, dulu pernah belajar, trus dlosooor...
setelah diskusi, anggaran ditetapkan. Maksimal 7 jutaan-lah, rencana nyari seken aja. Toh keperluan juga cuma buat wira-wiri jarak dekat. Dana tersedia, tinggal cari motornya. Pilihan jelas matik, karena faktor user friendly buat nubie alias pemula.
Mulai mengerucut ke 2 merek, Yamaha Mio en Suzuki Spin. Kalau Mio, bujet segitu mungkin cuma bisa dapet maksimal keluaran 2006, kalau Spin bisa-lah 2007. Nah, nyari-nya ini yang susah. kalo ke showroom alias gerai motor bekas, bejibun-lah. Tapi saia malah kurang sreg. Banyak kasus oknum pdg (pedagang) yang nakal. Mulai harga mahal, ngoplos jeroan mesin, ganti body-part, cat ulang sampe soal ruwetnya surat-surat. Yang terakhir ini yang paling ruwet kalo menurut saia. Pasaran showroom, kalo Mio 2006 sekitar IDR 7,5-7,8jutaan, kalo Spin bisa dapet agak mudaan, tahun 2007 IDR 7jutaan aja.
Akhirnya, saia putuskan hunting, yo lewat internet, juga koneksi teman-teman. Intinya kalo bisa langsung ke pemilik. Sekitar hampir 2 bulanan, akhirnya ada iklan di salahsatu forum jual beli. Saia kontak sang pemilik, kemudian janjian ketemu untuk cek barang. Sabtu 15/10/11 saia cek barang di rumah sang pemilik di seputaran Sumbersari. Yamaha Mio tahun 2006, warna biru. Velg masih ruji, kondisi fisik masih lumayan, yah 90%. Ada lecet2 en gores wajarlah, pemakaian 5 tahun gitu. Engine masih alus banget, juga bagian CVT, gak ada sentakan atau gredeg2 pas tarikan awal. Sasis lurus, en buku servis masih lengkap masbro. Wah, bisa dipegang nih. Barang terawat, lha rajin servis di beres Yamaha. Pas liat spido, odometer nunjukin 25 ribuan. Lah, jarang dipake nih mas?, saya nanya si empunya. Kata pemilik, nih motor punya istrinya, dulu dipakai buat ngantor ke Pendem-Karangploso, sekarang katanya, karena rada overweight, makanya gak pernah dipake lagi. Palingan buat antar jemput anaknya aja. Pantes...batin saia
lalu lanjut cek surat-surat. Masi tangan pertama sang istri, plat N kota. BPKB en STNK akur, pajak baru aja Maret 2011 kemarin.
Dalam hati saia cocok sama nih motor, kebetulan pemilik juga 'ngopeni' alias merawat banget. Ngobrol-ngobrol soal harga, dibuka IDR 7 jeti. Terus ngobrol, akhirnya diturunin sampe IDR 6 jeti, tapi BBNKB tanggungan saia. Saia bilang, mikir2 dulu sama rembugan sama 'bendahara' di rumah.
Eh, nyonya bilang terserah aja, wong yang ngerti saia. Piye iki, dijak rundingan malah pasrah. Senin saia hubungi sang pemilik , deal. 6 juta, BBNKB saia tanggung.Selasa saia bayar cash, Rabu baru saia ambil barangnya. Nih , masi ngendon di rumah, belom dipake blas sama istri. Masi kagok katanya. Yo wis-lah, sakkarepmu, penting wis tak tukokne....
Rejeki ono sing ngatur, dapet barang bagus, etrawat, harga juga lumayan murah...Thanks God...

Senin, 10 Oktober 2011

Heboh 'freestyle' ala Bripka Karno


Lagi pusing, nyari hiburan ke youtube. Eh, ndilalah ada temen ngasi tau, ada silup (polisi) atraksi ala freestyle di yuotube. Jadilah ubek-ubek disini.

http://www.youtube.com/watch?v=ekPQ9-N61ko&feature=player_embedded

Kalo dari tribunnews, Bripka Karno Suroyo, anggota Polantas Subang, Jawa Barat ini, mengatakan kalo aksinya ini sekedar menghibur.
cek disini http://www.tribunnews.com/2011/10/11/beredar-video-bripka-karno-akrobat-di-atas-motor-patrolinya
Menghibur pak??? Terlepas dari berbagai spekulasi entah mau ngetop ato nggak, kayaknya mending disudahi aja deh pak...AYAHAB alias BAHAYA!!! Gak cuman keselamatan bapak pribadi, juga pemakai jalan lain.
Sampeyan kan aparat penegak hukum, kasih-lah contoh yang baik pada masayarakat. Tertib berlalu lintas, mengedepankan keselamatan di jalan. Lha kalo gini?? Bisa-bisa ditiru alay nih...
Lha wong freestyle kita aja (nengok mas Aziz juragan DOHC) kalo atraksi gak di jalanan umum, alias di tempat khusus, misal sirkuit, lha sampeyan naek scorpio kenceng di jalan raya sambil atraksi segala macem. Gak salah tempat tuh pak??
Kalo tujuannya menghibur, saia lebih rekomendasikan di area terbatas, misal pas acara HUT Bhayangkara kek, ato bikin acara "police stuntman" di markas-e sampeyan. Jangan lupa digratisin biar rame...masyarakat dapet hiburan, bapak ada penyaluran bakat, image polisi pun naik.
Betul nggak??? Monggo dikomentari...

Moge aja masih pake mata kucing lho...



Pasti sering dengar istilah 'mata kucing' kan? Benda, dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, yang berfungsi untuk memendarkan/memantulkan cahaya dengan tujuan keamanan dan keselamatan? Biasanya, terpasang pada kendaraan sepeda angin dan sepeda motor, berwarna kuning. Yang paling sering terpasang pada motor, yaitu pada batang sokbreker depan. Sedang kalo sepeda angin ada di jari-jari roda, bawah sadel dan bawah setang.
Peranti ini, terisi zat fosfor pada bagian dalamnya, yang dicampurkan dengan pewarna, agar dapat memantulkan cahaya bila kena sinar, sehingga seolah-olah menyala. Sangat berguna kala perjalanan malam, karena penerangan motor hanya ada dari depan (lampu depan) dan belakang (lampu belakang). Sehingga, bagian samping, yang notabene tidak dilengkapi penerangan, apabila tersorot lampu, dapat jelas terlihat karena dipantulkan si mata kucing tadi.
Sayangnya, entah karena pergeseran mindset, atau atas nama keren, sekarang sudah sangat sedikit varian motor lokal yang dilengkapi mata kucing ini. Varian sport misalnya, terakhir saia hanya lihat pada Honda GL-Max, GL-Pro. Itupun sebenarnya sudah modis bentuknya, tidak lingkaran seperti jaman dulu, tapi memanjang, 'seirama' batang sokbreker depan. Kalo bebek, kurang hafal sih...
Padahal, di luar negeri sono, motor gede aja masih dilengkapi mata kucing lho masbro. Malah bentuknya masih jadul banget, lingkaran kuning, menempel pada sokbreker depan. Nggak main-main, varian Honda CBR1000RR, Honda ST1300. Padahal desain dan engine masa kini kan?
Mudah-mudahan, atas nama keselamatan, semoga banyak pabrikan yang menambahkan mata kucing ini pada produk motor mereka. Kalo bisa sih dengan desain baru yang modis gitu, jadi gak keliatan jadul tapi tetep berfungsi safety-nya. Entah berbentuk stiker scothlite, ato malah sekalian modelnya lampu senja LED pada bagian samping motor. Keren sekalgus safety kan????

Minggu, 09 Oktober 2011

Apa yang disembunyikan AHM soal "vixion killer"?


Santer di blogsphere beberapa waktu lalu, soal rumor adanya motor Honda yang akan dijadikan 'pembasmi' Yamaha Vixion. Terlepas dari benar tidaknya, meski petinggi AHM seperti dilansir Kompas memang akan melepas varian baru-nya di 2012, membuat saia tertarik mereka-reka sosok motor dan rentang harganya.
Kalo mau diadu dengan Vixion, yo minimal spek-nya harus 150cc injeksi, pendingin cairan, monosok, rangka deltabox. Kalo mau melebihi, selain fitur tadi, engine pake DOHC, percepatan 6 speed, cakram belakang (RDB), velg tapak lebar, ban gede (minimal 120-130-lah) dan bodi naked aduhai (kalo ini relatif lah...)
Nah, masalahnya, engine apa yang memenuhi semua itu??
Pake engine CRF150R??? Mahal masbro...meski spek sangat masuk akal. Engine CS-1 dibore-up 150cc?? Bisa aja, tapi masih perlu membenamkan sitem injeksi menggantikan karburatornya. Butuh waktu dan riset-lah..bener-bener masih tanda tanya gede nih...
Kalo bodi, buat ATPM itu barang gampang. Mereka punya R&D, suruh aja kerja lembur bikin desain naked yang gagah..
Masalah kedua, harga. Berkaitan dengan engine part dan bodi, pasti berkaitan dengan harga. Dengan fitur kalo mau diatas Vixion, otomatis akan mengerek harga dong, belum lagi soal bodi. Sementara Vixion dengan segala fitur cuma dibanderol IDR 22.270.000 (harga Malang dan sekitarnya).
AHM harus main di angka itu jika ingin melibas Vixion. Meski gak pas, lebih sedikit juga masih masuk akal-lah...apalagi di bawah itu. Eitsss...ada NMP lho di harga IDR 20.870.000. Berarti range harga aman untuk Vixion killer ini di IDR 21.000.000 - 23.000.000 Kalau diatas IDR 23jutaan, rawan membunuh saudara tuanya si Tiger,lha wong banderol Tiger Revo disini IDR 26.810.000. Mungkin lain soal kalo Tiger diupgrade engine+body baru, trus dinaikin juga harganya, sekitar IDR 28jutaan
AHM, apa yang kau sembunyikan??? Rahasia tingkat tinggi nih..He..he..he...konsumen nunggu aja ah...prinsip ekonomi kita junjung tinggi. Kepingin dapet barang bagus, canggih tapi harga gak mahal alias terjangkau...

Yamaha Byson inden 5 bulan??? Waakksss!!!


Lama tak bersua, dengan salah satu tetangga yang notabene karyawan salah satu dealer Yamaha di Malang, jagongan-lah sambil cangkruk. Iseng saia nanya, "yo opo kabar-e Byson?? wis osi langsung kirim tah saiki?" Si S jawab,' waduh mas, tetep inden. Saiki malah iso sampek 5 sasi lek inden. Iku ae gak iso milih werno. Teko siji ben wulan, werno yo sak-onok-e."
"Lha lek pas jatah inden-e teko, werno gak onok yok opo?" saia tanya
"Yo ditakoni mas, konsumen-e gelem gak werno sesuai sing teko iku? Lek gelem, langsung kirim, nek gak gelem, yo rejeki-e sing inden werno iku. Lha sing gak gelem, yo ngenteni maneh sewulan engkas."
Modiaaarrr...
Terjemahan bebas-nya :
Saia :" Gimana kabarnya Byson? Sudah ready stock, en langsung kirim?"
S :" Masih inden, malah bisa sampe 5 bulan. Itu-pun gak bisa pilih warna. Hanya datang 1 unit perbulan, warna juga seadanya pengiriman."
Saia :" Lha, kalo pas jatah inden dah datang, trus warna gak sesuai pesanan gimana?"
S :" Ya ditanyakan dulu, mau gak warna motor yang datang beda? Misal konsumen pesan biru, yang datang merah, mau nggak? Kalo mau langsung dikirim, kalo gak mau, ya dialihkan ke penginden bawahnya. Penginden yang gak mau tadi, nunggu lagi sebulan."
Tapi, dari ngobrol tadi, ada informasi tambahan, kalo buat 2012 katanya dah lancar, dah gak inden lama. Mungkin maksimal sekitar 2 mingguan. Berarti bener informasi belakangan, kalo Yamaha menggenjot produksi Byson, sehingga diharapkan tahun 2012 gak ada lagi inden Byson. Wah, bakalan makin banyak penampakan Byson di jalanan nih kalo produksi lancar. Sekedar informasi, Yamaha Byson di Malang dilepas di IDR 20.925.000. Gak ada cashback blas katanya si S...
Ayo, yang mau beli Byson, nunggu 2012, ato inden sekarang dan tunggu 5 bulan lagi...pilihan pada sampeyan