Senin, 29 November 2010

Switch/kunci rahasia bikin sepul pengapian lemah???



Sabtu malam, sekitar jam 9an, saia ditelpon adik, katanya motor-e, Honda Supra X, mogok di jalan.
Setelah mengantongi tools tambahan (kunci ring, tang, obeng), saia melesat ke TKP. Kebetulan agak jauh juga sih, sekitar 6 km dari rumah, di daerah Lawang. Nyampe, ketemu, segera saya cek. 'Tujuan' pertama pasti busi. Saia lepas, kemudian saya engkol sambil ngecek apinya. Walah, gak ada api babar blas!! Penasaran, cop busi saya lepas, kabel busi saya dekatkan ke blok, sambil diselah. Tetep, gak ada!!
Saia ingat, dulu pernah saia buatkan kunci rahasia, di bawah jok. Waktu itu, saia buat dengan memutus kabel ground/massa ke CDI. Relatif aman pikir saia, karena gak mainin setrum, entah dari pulser atau koil, pokoknya gak rumit dan aman.
Saia cek switch rahasia tadi, normal kok. Kabel juga gak ada yang putus. Akhirnya, karena dah malam, dan perkakas gak komplit, diputuskan, motor dititipkan di bidan, tempat adik kerja.
Esoknya, pas Minggu siang, mo dibawa pulang susah, jarak agak jauh masak di-stut atao diseret. Bawa aja deh ke bengkel AHASS Tawangsari, karena lebih dekat, bisa diglundungkan (opo terjemahan-e) motornya.
Bongkar deh tuh kabel bodi-nya. Mulai dari balik tebeng depan, sampe cover bodi tangki dipreteli. Dicek sana, cek sini, mekanik (gak berseragam) kalo saia liat kayak kebingungan. Sampe tuker CDI, masih tetep, gak ada pengapian-nya.
Dipanggil-lah temennya(berseragam). Diliat-liat sebentar, dia ngutak-atik soket kabel ke CDI, ada 6, tapi yang kepake 5 aja.
Saia kasi tau kalo ada switch rahasia, mutus ground CDI. Lalu switch diputus, dikembalikan ke standar-nya. Alhasil, langsung JREENG...nyala.
Dia sempet cek juga switch tadi, masih bagus. Kabelnya, juga bagus, wong pake multitester nyambung...
Akhirnya, dia bilang "Mas, kalo switch rahasia kayak gini emang sering rewel. Salah ambil kabel, ribet!!"
Saia ngeyel, 'Lha kan cuma mutus ground aja to?? Wong mulai dari baru, tahun 2002 sampe sekarang, gak pernah bermasalah tuh pengapian-nya!"

Jawabnya,"Lama-lama ya kayak gini ini. Ini aja sepul-nya mulai lemah, apinya agak kecil. Mending gak usah pake switch gituan deh"

Kalo saia pikir sih, masa iya sih sepul lemah karena pemutusan kabel ground ke CDI pas switch digunakan??? Bukannya sepul, karena usia pakai???
Mungkin ada yang mo memberikan pencerahan buat nubie ini????
Makasih buat yang kasih masukan, apalagi buat yang ngasi trik, gimana bikin switch/kunci rahasia yang aman dan gak ngerusak, apalagi bikin mogok...

7 komentar:

  1. hehehe.... jadi inget vega saya dulu.. juga saya pasang swicth rahasia... diambil alih kakak saya mogok di ramayana alun2. seisi parkiran nggak ada yang bisa nyalain.. ternyata saklar/switch nya eror..untung setelah di by pass nyala. Setelah itu saya bongkar semua. Sakarang saya lebih milih pake gembok.. aman..gembok baja bukan gembok motor.. klo dipaksa cakram bengkong, kendalanya kalo dipindah sama tukang parkir repot

    BalasHapus
  2. Wah maaf saya kurang tahu tentang hal itu mas...
    tapi yang jelas enaknya kalau pakai yang standar aja tidak usah ribet.....

    BalasHapus
  3. @obie : gembok baja ya, yang kalo pas kebuka, kunci-nay gak bisa dicabut itu? boleh juga..sekarang kunci kontak-e diganti model nazi..nambah pengaman aja..
    @guspur : emang gak ribet sih gus, tapi kalo gak ditambah pengaman, kayak kurang afdol gitu
    nuwus dah mampir and share..

    BalasHapus
  4. kalau aku dulu sih pernah pakai relay...made in sendiri juga tapi dah agak lupa caranya... motor dah pindah tangan... he he he...

    BalasHapus
  5. Waahhh...
    Ngono iku podo karo sing remote
    telung atus ewuan nggak yo???
    :)

    BalasHapus
  6. @ridertua : pasti lebih aman pak kalo pake relay, kan arus yang masuk kecil untuk menggerakkan kontaknya...tapi masi bingung...kakinya banyak..
    @nyemoni remote-e alarm megapro-ku tah :-)
    250 ewu mas, lumayan jane, tapi begitu aki agak modar...sering trouble..parahnya langsung mati mesin..ribet bongkar-pasang-e, akhirnya sementara taklepas..

    BalasHapus
  7. klo kata aku sih gpp mutus aliran di masa CDI karena aku pernah punya motor suzuki engine stop nya setelah aku selururi ternyata memutus dari masa cdi

    BalasHapus