Minggu, 09 Januari 2011

Trik mudah bikin enteng kopling




Sebenarnya, ini trik yang nemu en make, temen saya sekantor, bro Fadlil. Katanya, baru kemaren dipasang, masih error en trial. Beliaunya membolehkan untuk saia share dengan mas bro sekalian.
Bro Fadlil ini ngeluh, kopling di Tiger '97-nya berat banget. Mo diakali pake hidrolis, mahal banget peranti-nya, terakhir 900ribuan buat Tiger (saia liat di tabloid). Mo bikin sendiri, ternyata masih njlimet en masih butuh ojir/duit lumayan.
Nah, kemaren, pas lagi mbersihin kandang hamster-nya, ada mainan bianglala gak terpakai. Pas dipreteli, ada klaker/laher kecil. Beliau mikir, dipake apa yah??
Tercetus ide untuk sistem katrol, buat dipasang di kopling Tiger. Soal enteng ato nggak, yang penting bisa dulu. Nyari bahan lain antara lain bekas dudukan lampu halogen. Si laher digerinda dulu biar pas duduk di bekas dudukan lampum sekalian bikin got/alur di laher buat jalurnya si kabel kopling. Lebih jelas, liat gambar yak??

Warning!!! Trik ini hanya bisa dipake bila pake kabel kopling los-losan, alias bukan ori. Karena butuh agak panjang dari ukuran normal. Trus dipasang nepel ke as pengungkit di atas blok mesin kanan.

Hasilnya??? Saia nyoba sendiri, emang lebih enteng bro, asli...Yah mungkin gak seenteng kopling hidrolis, tapi dengan biasa hemat juga bisa dibikin sendiri, worth it-lah hasilnya...tangan kiri jadi berkurang pegelnya, kan yang ditarik enteng...he..he..he..

Ada yang mau nyoba??? Silakan...
Trims buat bro Fadlil yang sudah mau share kreativitasnya...

6 komentar:

  1. wah keren mas, tapi apa nggak slip ya?

    BalasHapus
  2. belum teruji lama sih, barusan dipasang 3 harian...
    ntar saia report lagi efek positif-negatifnya..
    trims dah mampir mas...

    BalasHapus
  3. kopling motor honda memang agak berat, pengalaman tiger sama mega pro saya dulu...

    BalasHapus
  4. GL 100 tahun 1986 ku mulanya kopling sangat keras, sekarang sudah aku pasang ternyata uenak tenan, enteng pol yo gak selip, Trim.......

    BalasHapus
  5. GL100 tahun 1986 ku koplingnya keras banget tapi setelah aku pasang sekarang jadi enteng banget dan juga gak selip uenak tenan........

    BalasHapus
  6. @ obie : gak semua sih bro, cuman pas saia temuin yang kebetulan berat emang tiger..eh, CS-1 beraty gak ya?? tanya sam WSP aahh...

    @ cak mul : syukur-lah kalo bermanfaat mas, lha sing ngakal lha adik-e sampeyan dewe...wakakakka...klaker YoYo tiba-e osi yo???

    BalasHapus