Minggu, 25 September 2011

Woooiii, silau....pake projector dong!!!







Artikel ini saia 'dedikasi'kan buat pengguna lampu "mahal" alias HID (High Intensity Discharge, bener nggak???). Meski awalnya lebih banyak dipakai di roda 4 alias mobil, kini biker-pun sudah banyak yang pakai, seiring harganya yang semakin terjangkau.
Sebenarnya, gak masalah, mo pake halogen, HID, LED atau apapun. Yang penting, fungsi lampu pada kendaraan semakin bagus, yakni menambah daya penglihatan pada pengguna kendaraan alias semakin terang.
Nah, masalahnya, lampu HID kebanyakan memang super terang, entah yang super white, blue dan kawan-kawan. Celakanya, sinarnya kadang terlalu lebar dan tinggi, sehingga malah membuat pengendara dari arah berlawanan jadi silau. Ini yang malah membahayakan. Padahal itu lampu dekat, apalagi kalo di-dim pake lampu jauh....blaaarrrr....silau bener!!! Saia sendiri sudah sering mengalami, silaunya berpapasan dengan mobil (kebanyakan) yang pakai HID. Padahal, sebenarnya, teori pemakaian HID paling cocok dikombinasikan dengan projector-nya. Jadi, meski sinar lampu sudah super terang, akan diatur oleh si projector ini, supaya fokus ke jalan, gak terlalu tinggi ke depan.
Susahnya, emang perangkat ini agak mahal, tapi kalo buat pemilik mobil yang udah pake HID, mosok sih, bisa modif mobil bagus, beli lampu HID mahal, kok gak bisa beli projector-nya???? Kalo pingin agak murah, bisa pake part copotan alias used alias bekas. Tetep terang dan keren kok...
Biar gak nanggung gitu...modif keren, fungsional dan aman, baik buat diri sendiri maupun orang lain. Kalo gak mampu, mending disetting ulang aja sorot lampu HID-nya, biar gak bikin silau orang lain. Padahal, kalo mau contoh, produsen roda 2 sudah pake projector lho di Bajaj Pulsar 220. Sudah terang, keren, dan gak bikin silau rider lain. Sip itu pabrikan...
Moga bisa 'menyadarkan' banyak pihak untuk lebih memperhatikan safety di jalanan.
thanks to om saft...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar