Kamis, 13 Mei 2010

Pro kontra headlight ON (lampu depan wajib nyala) di Ngalam


Geger (baca:rame) di Malang soal lampu depan roda 2 yang wajib nyala. Berdasar Undang-Undang (UU) No.22 tahun 2009, pasal 107 ayat 2, mengatur penggunaan lampu utama di siang hari pada sepeda motor. Pasal ini berbunyi, “Sepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.”
Sebagian pihak menentang keras, sebagian setuju. Yang menentang, mengemukakan berbagai alasan : yang tidak efisien-lah, bikin aki tekor-lah, buat silau-lah, bohlam cepet putus-lah dsb.
Sedang yang mendukung, kebanyakan karena alasan safety/keselamatan. Kalo saya sih, gak belain salah satu. Cuma karena dari segi keselamatan, sangat mendukung nih.
Sepeda motor itu kan dari bentuk aja sudah kecil, apalagi di jalan bareng banyak kendaraan lain yang lebih besar, jadi makin gak keliatan dipantau dari sisi pengendara kendaraan lain yang lebih besar, sebagai contoh mobil penumpang.
Saya sendiri pernah mengalami, pas nyetir mobil, ada sepeda motor di samping kiri belakang, tak nampak,tahu-tahu sudah nyalip dari kiri. Kaget banget kan??
Bila lampu depan dinyalakan, meskipun dari spion mobil gak begitu jelas kelihatan, tapi kan jelas keliatan ada nyala lampu, sebagai isyarat kalo ada sepeda motor di belakang/di sisi yang hampir tak terlihat oleh pengendara mobil/roda 4 ato lebih. Jadi lebih aman kan, karena posisi biker terpantau?? Mo nyalip aman, mo ngekor juga aman..
Soal keluhan aki tekor, bohlam putus, gak efisien, kayaknya ada penjelasan logisnya deh.
Pabrikan motor bikin motor tuh sudah disurve, sudah dipikirkan dan sudah dikaji matang. Masak hanya karena nyalakan lampu aja cepet bikin tekor?? Beban kelistrikan sudah diperhitungkan dengan kemampuan aki yang dipasang.
Aki ada lifetime-nya, sekitar 2-3 tahun, tergantung perawatan. Mau lampu depan nyala terus ato nggak, ya segitu itu umurnya aki, tekor terus modar...Kalo mau awet, bro bisa aja ganti aki yang sedikit lebih besar kapasitasnya, dan lebih rajin merawat aki.
Soal Bohlam putus, sama juga sebenarnya. Gak cuman nyala terus aja yang bikin bohlam putus. Juga ada faktor getaran, dan tegangan yang gak stabil/turun naik.
Soal efisien, gak banget deh...bila dibandingkan dengan keselamatan yang bro dapet dengan menyalakan lampu..
Jadi, sebandingkah keselamatan dan nyawa Anda (plus keluarga) dengan faktor males nyala-in lampu serta kehilangan beberapa ribu rupiah untuk ganti bohlam lampu depan???

NB: Oops, tingkah laku di gambar jangan ditiru yak..sekedar mengingatkan..
jangan ngerokok sambil naik motor, helm SNI-pun harusnya diiket hingga bunyi klik..
yang ditiru nyalakan lampunya aja yak...
salam....

1 komentar:

  1. urun rembug : pernah dipertimbangkan gak, menyalakan lampu besar di siang hari (dengan jumlah sepeda motor yang semakin banyak), akan berpengaruh terhadap naiknya suhu di bumi ini? Mohon perhatian untuk para pejabat terkait, agar membuat peraturan/undang-undang dengan memperhatikan juga sisi-sisi lainnya. Terima kasih.
    (Marcus Setiawadi - msetiawadi@yahoo.com)

    BalasHapus