Selasa, 05 April 2011

Kaisar RoTi





Sekitar tahun 2002-2003, lagi marak banget modifikasi ekstrem di kalangan bikers pecinta roda 2. Mulai dari roda orbital, hubless, multi-kaliper pada rem, beraneka posisi monosok dan sokbreker hingga penggunaan lengan ayun untuk suspensi depan.
Nah, di kantor saia, tahun 2009 dapat bantuan motor roda tiga merk Kaisar, lengkap dengan box buku di belakang beserta perlengkapan multimedia dari SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu).
Unit roti (roda tiga) ini difungsikan untuk Perpustakaan Keliling, melayani TBM (taman Bacaan Masyarakat) di kelurahan-kelurahan se-kota Malang.
Bermesin 150cc SOHC, CDI, 5 percepatan plus 1 gigi mundur, penggerak gardan, suspensi per daun di belakang dan...suspensi lengan ayun di depan.
Ternyata, gak usah modif. Dari pabrikan Cina sudah dipasang sistem lengan ayun dengan 2 sokbreker untuk suspensi depan. Sepertinya, sistem ini bukan untuk kenyamanan, tapi lebih mengejar kekuatan. Ini terlihat dari desain lengan ayun yang dibuat ekstra kokoh dengan bahan besi (detail di gambar).
Soal kenyamanan, kata teman-teman awak "odong-odong" (istilah pangilan sayang ke tim motor keliling) bilang, keras banget sok depannya, plus berat di handlingnya. Apalagi pake velg racing, yang notabene dari besi, lingkar 18" dan ban gambot ukuran 350-18. Wuaduh, kalo belok, perlu tenaga ekstra, selain karena cukup beratnya beban buku dan peralatan multimedia di box belakang. Selain biker pengendara, disampingnya disediakan jok lengkap sabuk pengaman untuk boncenger alias asisten. Unik kan?? Biasanya boncenger kan dibelakang, ini disamping, duduk berhimpitan...lebih mesra getooo..ahihihihi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar