Senin, 24 Mei 2010
Wheelie, gaya dasar freestyle (1)
Pertamax (kaya komengtator di blog-blog nih :-P) yang kita bahas dalam gaya dasar
freestyle adalah WHEELIE.
Bahasa alusnya kalo gnaro ngalam 'Jumping'. Sederhana-nya, mengangkat roda depan
motor.
Sebenarnya, sepengetahuan saya, ada dua jenis Wheelie. Wheelie 'biasa' (start pada
gigi 1 dari posisi motor diam) dan rolling wheelie, yaitu wheelie pada posisi motor
sudah berjalan.
Kita bahas yang normal aja yak???
Trik-nya adalah menyeimbangkan bukaan gas dan melepas tuas kopling pada posisi gigi
1. Sekilas terlihat gampang, pas saya coba sendiri, waktu itu masih baru pake Honda
GL-MX 1995, lumayan ribet juga.
Kalo putaran mesin ketinggian, alias bukaan gas kebesaran, pas melepas kopling,
bisa-bisa motor wheelie-nya ketinggian, malah ada yang sampe terjungkal ke belakang
(malangan:'nggeblak'), tengok tuh gambar pertama. Jadi harus bisa kira-kira seberapa besar tenaga mesin pada
RPM tertentu yang cukup kuat untuk menyentakkan motor.
Setelah tahu feeling tenaga mesin pada tiap putaran mesin, tahan pada RPM dimana
tenaga mesin terbesar. Pas pake GL-MAX, saya main di 6000 - 7000 RPM. Sambil menahan
putaran mesin, lepas kopling mendadak. Jangan lupa mempertahankan kestabilan posisi
motor dan setang, karena biasanya saat melepas kopling mendadak, motor cenderung
liar karena tersentak tenaga mesin. Jangan geal-geol ya pegang setangnya dan posisi
kaki bisa turun dari foostep untuk menjaga keseimbangan.
Tips : untuk yang pertama kali nyoba, jangan terlalu tinggi dulu putaran mesinnya.
Coba dulu sekitar 4000 RPM. Bila disentak saat melepas kopling, motor belum
bertenaga, alias belum bisa jumping, bisa ditambah lagi RPM-nya. Demikian terus,
sampai didapat feeling RPM yang pas untuk Wheelie.
Kalo roda depan sudah bisa terangkat, bro sekalian bisa belajar cara baru lagi,
yaitu untuk mempertahankan posisi wheelie sejauh mungkin. Yaitu dengan cara menjaga
RPM tetap stabil, sehingga motor bisa berjalan hanya dengan roda belakang. Bila roda
depan mau turun, gas bisa ditambah sedikit dengan menjaga setang tetap stabil.
Hati-hati ya bro saat belajar wheelie, karena resiko jatuh itu pasti ada.
Keep brotherhood..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar