Selasa, 19 Oktober 2010

Kenapa timer traffic light di Jogja (Jateng) lebih lama????


Sharing pengalaman nih waktu saya mudik ke Klaten, Jawa Tengah September 2010 yang lalu. Masuk wilayah Jateng, mulai Sragen , Solo , Jogja dan sekitarnya, disambut dengan lampu merah (traffic light) yang hampir serupa dengan di Malang, Jatim, yaitu dilengkapi timer/counter penghitung waktu.
Yang membuat beda (sekaligus kesel), ternyata, timer-nya disetting cukup lama. Rata-rata, kalo diperhatikan, minimal bermain di angka 90 detik keatas, bahkan ada yang lebih dari 120 detik, alias 2 menit!!
Buat rombongan kami, lumayan bikin kesel. Terbiasa di traffic light Malang, paling-paling hanya kisaran 60 detik, itu paling lama, eh sekarang 'disuguhi' angka besar-besar, yang berarti harus menunggu lebih lama untuk ijo, alias boleh jalan.
Kalo pemikiran saya pribadi, mungkin pengaturan timer sudah disesuaikan dengan kepadatan lalu lintas di daerah tersebut. Tapi tetap saja, buat pendatang baru, belum terbiasa. Jadinya pada ngomel-ngomel tuh penumpang di jok belakang. Anak saya sih seneng-seneng aja berhenti lama, dia sambil komat-kamit baca angka yang terus dihitung mundur.
Akhirnya, untuk menghibur diri, kami semua sepakat, kenapa kok di Jogja lampu merah lebih lama????
Jawabnya : "karena wong Jogja kan kalem-kalem, alias sabar.". Jadi, supaya yang nyebrang aman, karena jalannya kalem/pelan, diberi waktu lebih lama.
Kalo di Malang, 45 detik cukup buat 10 orang nyebrang berurutan(sambil jalan cepat/lari-lari), kalo di Jogja butuh waktu minimal 2 kali lipat, alias 90 menit untuk jumlah orang yang sama. Lha wong jalan kaki aja, 1 menit wong Malang bisa 400 meter, lha paklik saya di Klaten cuman sampe 200 meteran..sampe bengok-bengok/teriak, "WOOOIIYYYY, DIENTENI PAKLIK-E...OJO BANTER-BANTER LE MLAKU.."
Hi..hi..hi...cuman guyonan aja kok..
Nuwun sewu, kulo badhe nyabrang pakdhe....klenuk---klenuk...

2 komentar:

  1. wahh .. orang Klaten juga ternyata, Klaten ne pundi mas Bro

    BalasHapus
  2. wah, nek kulo asli malang mas, bapak ingkang asli Klaten...Klatenipun Karangnongko, ndesit sanget...he..he..he..
    maturnuwun rawuhipun.. :-)

    BalasHapus