Selasa, 10 Mei 2011

Ayo merawat motor (1)




Namanya barang dipakai, wajar dong kalo harus dirawat, agar bisa terus bekerja optimal. Sama kayak motor, juga perlu dirawat. Yah, minimal agar tidak sampai mogok-lah di jalan. Terus, item apa aja sih yang perlu diperhatikan?? Ini poin-poin minimal saja ya...
PELUMAS alias OLI
Benda cair ini ibarat darah kalo pada tubuh manusia. Sesuaikan jenis pelumas dengan jenis mesin motor. Untuk mesin generasi baru, bisa menggunakan oli sintetik dan lebih encer, karena clearance masing-masing part pada mesin, sudah dibuat sangat presisi oleh pabrikan modern. Sebaliknya, untuk mesin-mesin lawas, disarankan pake oli mineral dan jangan terlalu encer. Ideal sih SAE 25W-50. Cek ketinggian pelumas melalui deepstick pada tutup oli di mesin. Yang paling penting, jangan sampai lupa/telat ganti oli secara periodik, karena oli juga memiliki masa pakai. Bila sudah melewati masa pakai, nih oli sudah nggak mampu melumasi dan meindungi mesin secara maksimal karena molekul didalamnya sudah rusak, juga sudah terkontaminasi sisa gas bakar. Jarak ideal penggantian oli adalah 2000-3000 km.
Lanjut ke bagian 2 yak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar