Selasa, 13 April 2010

Tangki New Megapro 2007 bocor kabeh






Tangki motor bocor??
Tangki, terutama buat motor laki/sport, dari segi posisi, memang rawan. Rawan tergores, penyik hingga rawan bocor. Penyebab utama bocor, paling sering adalah karat yang terdapat pada bagian dalam tangki. Nah penyebab karat, sudah tentu adalah air, yang ngendon di tangki.
Kasus bocor, biasanya terjadi pada tunggangan yang sudah agak berumur, seperti dulu pada GL Max ayas tahun 1995. "baru bocor pada sekitar tahun 2005an, nah masih masuk akal kan mengingat sudah sepuluh tahun dipake. Dicuci, dipake hujan-hujanan, kepanasan, bahkan jatuh tersungkur. Akhirnya dengan berat hati, setelah mengelas seluruh bagian bawah tangki,kemudian dicat ulang, ayas lego tuh GL buat UM beli Honda Megapro 2007.
Lha dalah, entah apes ato gimana, sekarang ini sudah bocor.
Nah loh!!! Ada apa gerangan dengan motor berusia 2 tahun lebih sedikit ini???
Bulan Oktober 2009 akhirnya ayas solder alias tambal-kan tuh tangki. Perih rasanya melihat tangki yang mulus, dikerok-kerok. Lebih sakit lagi pas lihat karat yang sudah bertebaran di dasar tangki, sampai membentuk lubang...
Ih..ih....ancur...


Belum genap 2 bulan, bocor lagi saudara-saudara. Kali ini, bukan yang sudah ditambal, tapi tempat lain, juga masih di bagian dasar tangki. Dengan rasa dongkol yang meluap-luap, karena saat bersamaan lagi tengah bulan, gak ono duwit, akhirnya datengin lagi tukang solder tangki.
Jiah..., mungkin sudah kebal liat tangki dikerok-kerok, tabah saja deh tangki Meggy 2007 ayas diedel-edel (opo terjemahan-e yo?)

Timbul beberapa tanda tanya besar,
Ada apa dengan kualitas bahan tangki AHM, yang dipake Honda New Megapro?
Mengingat, pemakaian dan perawatan yang saya lakukan standar aja, kehujanan itu pasti. Cuci motor-pun saya hati-hati, gak nyemprot tutup tangki.
Kok masih bisa air masuk ya?
bai de wei, setelah liat tangki dikerok sampe tinggal plat-nya aja, saya agak heran melihat ketebalan plat yang bisa dibilang gak tebal malah.
Mungkin, ada salah dua kemungkinan.
1. Tutup tangki New Megapro kurang rapat
2. Plat bahan tangki terlalu tipis, sehingga sangat mudah berlubang terkoyak karat
Ada beberapa testimoni baik dari tukang las/solder tangki yang saya datangi, juga user pengguna New Megapro.
Ada komentar AHM????

41 komentar:

  1. keluhannya sama bro...pny temanq jg gtu..thn2007..tpi beda dgn pnyaq yg thn 2005 baru sktr 5 thn bru bcor..
    knapa tankinya gag seawet pnya th**der en vi**on..
    padahal antara ketiga mtor itu kan bs diblang msih sepantaran...

    BalasHapus
  2. setuju banget Bro,
    gua juga kecewa cz mega pro gua yg tahun 2007 jg bcor tu d bagian bawah, lo satu dua sh g pa2 msh bisa d akalin,
    pi ni mlh bcornya 5 temopat lagi mna lobangnya gde2 lagi,pi alhmdllh msh bisa gua akalin,
    gua lem pake plastik steel deh tu yg bocor,
    ya mbil nuggu da dana wat beli yang baru pi dah 5bulan masih kuat tu lem2man.

    BalasHapus
  3. sama Megapro tahun 2006 sudah bocor dua kali, pertama akhir tahun 2008 di sekitar kran bocor 2 lubang. Bulan Mei 2010 bocor di lis sambungan bagian depan kiri. Kualitas logam tangki kata tukang patri memang lebih tipis dibanding Mega Pro keluaran sebelum thn 2000-an, sehingga tidak rekomended bila di isi full tank. Usahakan cukup 4-5 liter saja. Kalau tanya ke bengkel Ahass mereka dengan enak bilang diganti saja tangkinya kan sudah berumur. Padahal baru 4 tahunan. Kalau tangki sudah berumur berarti kesimpulannya Mesin dan bodi juga sudah berumur?

    BalasHapus
  4. bener tu...meggy gue baru berumur 2 taon 4 bulan, meggy 2008, bocor pas di pangkal leher kran selang. pasa gue tanya mekanik, katanya memang penyakit motor batangan, krn gampang kemasukan air. suruh rajin kuras min. 2 bln sekali katanya.

    trus gue jg nanya, apa gak ada tindakan ato laporan ke AHM? mekanik jawab, udah dibuatin LKH (laporan kualitas honda) namun belum ada jawaban dari pabrikan katanya.

    ini gimana ya? Honda kan terkenal karena brandnya yang awet/tahan lama dan irit. tapi kok kyk gini sekarang kualitasnya?

    moga ada solusi dari pabrikan.

    BalasHapus
  5. Dulu.... Megapro 2007 punya aku juga bocor. parahnya gak cuma satu tempat tapi 4 lubang dan masing2 lubang keroposnya sepanjang kira 3cm. lebih hancur lagi bagian yang bocor ada bagian bawah luar tangki. Jadi tambalannya keliatan bgt mengeliligi bagian luar tangki. Mungkin karena frustasi dan kecewa langsung aku jual dan ganti Vixion. Dan dalam hati aku berjanji gak bakalan beli produknya HONDA yang KATANYA AWET tapi ternyata sangat memalukan.
    Buat pabrikan HONDA kalo gak bisa buat produk yang berkualitas mending pabriknya di tutup aja. Good bye HONDA and BRAVO YAMAHA

    BalasHapus
  6. sama bro tengki mega pro gw dah hancur2an tambel sana sini, jd enek liatnya...., padahal gw beli baru 2 tahun

    BalasHapus
  7. Jemur aja di panas matahari sambil tutup tangki nya di buka, dgn kondisi tangki kosong. Biar cairan (air + sisa bensin) nya menguap. N sebelum di masukin bensin lagi, blow dgn udara dulu sisa2 kelembaban nya. Mudah2an lebih awet.

    BalasHapus
  8. cuma di mega doang sih.. tapi itu juga hoq2an.. saya pake mega tahun 2000 baru bocor 2009an gitu.. tapi klo yg baru emang makin suram.. trus mudah2 buat NMP 2010 ga terulang lagi...

    BalasHapus
  9. AHM bilang :

    EGP ......

    BalasHapus
  10. sedih bener dulu aq punya honda glpro new tech tangki nya bagus 2003-2006 ehhh pas gue ganti megepro 2006 ancur.. emang seh yg bocor cuman satu TAPIIIII temen-temennya suer nggak bo'ong banyak bener. bagian bawah tu dari depan ampe belakang ada 30 lobang sebesar lobang jarum TERUS TERANG SAYA "KECEWA" motor yg selama ini sy banggakan ternyata....MENGECEWAKAN!!!! BYE BYE HONDAAAAAA.....

    BalasHapus
  11. AKU JUGA PUNYA MEGA PRO 2007 TANGKINYA BOCOR TAHUN 2010 NOVEMBER ,, BOCOR KARNA BERKARAT...
    SAYA TAMBAL HABIS 70 RIBU+NGECATNYA
    TANGKI MEGAPRO TIPIS + MUDAH BERKARAT...

    SAYA SEDIIIIIIHHHHH

    BalasHapus
  12. megy punyaku jg thn 2007 bro,baru masuk usia thn ke3 kmrn dh bocor2 smua dibagian bawhny.takbwa ke bengkel las radiator dah.kecewa berat ma AHM,klo pnya duit gw lego tu megy buat tukertambh vixion ato byson.AHM pa g mikir y...tangki kan isiny BBM yg rawan kebakar,knpa plat materialnya kualitas rendahan...payahhh

    BalasHapus
  13. bener, aku juga mega 2007 bocornya kemana2..... sekarang mikir mau ganti tangki takut bocor lagi, mana mahal banget harganya di bali 555.000,- gmn nih honda????? produk gagal yak???

    BalasHapus
  14. selain kualitas material, kalo menurut saia sih tutup tangki juga perlu ditingkatkan safety-nya..
    karena, dengan model tutup kayak gitu, masih gak rapat menutup lubang tangki. coba aja bro semua lepas tangki, trus gulingkan (kondisi ada BBm loh), pasti masih ngerembes dari tutup tangki.
    trus, kalo dah agak berumur, perhatikan plat di bawah lubang pengisian,pasti ada kayak karat tipis nempel-nempel. itu cikal bakal karat, yang diakibatkan masuknya air ke tangki lewat tutupnya. ntar ddeh saia potoin lagi.
    entah karet tutup tangki atau konstruksi-nya, yang jelas perlu ada inovasi dan perbaikan-lah dari AHM. wong NMP yang baru aja masih sama plek tuh tutupnya, mudah2an gak bocoran..

    BalasHapus
  15. Pokok nya HONDA payah...........

    BalasHapus
  16. hONDA PAYAH...............

    BalasHapus
  17. sama mz bro....................
    tangki mega pro Q jg bocok..........
    gemrajag..............

    tangkine ganti wae pke drum............ hahaha

    BalasHapus
  18. megapro gw 2007 sering mogok.. setelah diservis ternyata ada air di dalam karbunya... setelah gw selidiki ternyata air masuk lewat sela2 tutup tangki ketika nyuci motor.. akhirnya gw akalin dengan nambah penutup tangki megi gw pake karet ban dalam motor... alhasil emang air gak masuk lg ketangki.. tapi kalo mau nutup tangki agak susah karna ada karet tambahan yang gw pasang... beberapa bulan selanjutnya malah tankinya bocor.. pertama didekat kran setelah gw las.. ehh... gak lama timbul lg bocor di tempat yang lain.. ada beberapa titik bocor dan berberapa titik yang akan bocor akhirnya tu tangki gw las keliling...
    pusing bener ngurusin megapro..
    gak tau dech kualitas megapro yang terbaru sekarang...

    BalasHapus
  19. sam, sampean nangndi tambal tangkine? aku lagi butuh iki..suwun...

    BalasHapus
  20. @ praptomowow : ndek ngalam ta sampeyan, masbro? aku biasane nang daerah karya timur, deretan las knalpot. berhubung sering nambal tangki, malih langganan karo pak to, solder radiator. kios-e sebelah kokek knalpot. kalo ancer-ancer, sebelah selatan Toyota rent car, barat jalan..

    BalasHapus
  21. HOnda New Megapro Pokonya jeleeek banget kualitas tengkinya....

    BalasHapus
  22. saat prjlnan jauh tanki NMP2007,gw jg bocor.sngt merpotkn, gw akalin dlu utk smntra pke tnah liat..kwltas tnki honda NMP burukkk.

    BalasHapus
  23. Megy ane taon 2008...lagi tanggal tuek tangki ngocor kek bocah kencing...Huuffff...kuesel pooolll...Ane las argon malah bocor kemana mana...AHM cuma gedhe nama doang...kualitas sama kek MOCIN...di AHM gag ada R & D apa ya...kerjanya apaan sih mereka..ato ga pd bisa internetan jadi gag baca keluhan konsumen...PAYAH ...YAH...YAHHHH...

    BalasHapus
  24. haduh telat koment saiyah hehehe

    BalasHapus
  25. emmmhh ditambal sama sabun colek untuk sementara bro.. aman jaya..

    nitip mas bro: http://agungsevi.wordpress.com/2011/06/04/perjalanan-menuju-gunung-kelud-nan-damai/

    BalasHapus
  26. ho-oh, buat darurat osi sam...lebih bagus sabun batangan,kan motor-nya juga batangan xi..xi.xi..
    silahken dijembreng dagangannya..

    BalasHapus
  27. walah2, ternyata banyak temenya.... kirain cuma saya yang tangkinya bocor. motor saya keluaran 2007 dan bocor tahun 2011....upah ngelas di bandrol 300rb ma bengkel....busyet dah, larang polll...di dol wae!!!!...

    BalasHapus
  28. klu bocor truzz,,,diledakin aja tuh tangk,,,

    BalasHapus
  29. ane pake megapro 2008 baru minggu ini bocor semua
    bingung kudu beli tangki baru apa tambah aja

    BalasHapus
  30. sama mas broo,tanky megapro 2007 saya jg,udh pd bocor uy.dah bosen nambal...mau nanya apa d AHM ad bgian QCny g ya????????huft...

    BalasHapus
  31. sama bro.gw punya taon 2007. mobli tangki baru blumada duit nih..

    BalasHapus
  32. HONDA MEGAPRO BIRU 2006 SAYA JUGA UDAH BOCOR DARI 2 BULAN LALU. UDAH DITAMBAL DI TUKANG RADIATOR, TAPI MASIH BOCOR JUGA. SAYA CARI TANGKI BARU DI WAHANA GUNUNG SAHARI, JAKARTA HONDA CENTER CAWANG, AND DI LANCAR SUPRAPTO, SEMUA TIDAK ADA STOK!!! INDENT 2 MINGGU ITUPUN KALO ADA BARANG. WTF!!! AKHIRNYA SAYA BERSUMPAH TIDAK AKAN MEMBELI MOTOR HONDA LAGI SELAMANYA...

    BalasHapus
  33. : semua motor Honda tipe batangan, pasti bocor tangkinya setelah lewat 3 tahun.. saya punya meggy thn 2004 black-silver, tangki baru bocor mei 2011, kecil2 tp bnyk ada 33 lubang!! memanjang ke arah kran bensin (gara2 sering pake standar samping kalo parkir. Saya bawa ke tukang las, ndak ada yg berani, ke tukang radiator gak sanggup, ke Ahass malah suruh ganti baru 550rb..parah! akhirnya tak amplas+sikat kawat bagian yg berlubang, lalu saya tambal pake Lem Besi yg warna putih+hitam dicampur jd satu. Lem seharga 23rb itu ternyata hasilnya memuaskan. 2 jam dijemur sdh kering siap pakai, biar aman saya cat lagi bagian bawahnya. Buat yg punya masalah tangki bocor, silahkan mencoba ya.. :D

    BalasHapus
  34. AJUUUUUUUUUUR. . . . . . . . . . . .ajur wes ajur lebur mangkelno temenan ngurusin tangki NMP 2007 tutup aja pabriknya honda moga kena sunami pabriknya biar ngerasain penderita tangki bocor NMP AHM cuma pintar nyervis+ganti oli aja kalo soal tangki goblok masak br 2hari bocor lg AJUR WES.lno temenan ngurusin tangki NMP 2007 tutup aja pabriknya honda moga kena sunami pabriknya biar ngerasain penderita tangki bocor NMP AHM cuma pintar nyervis+ganti oli aja kalo soal tangki goblok masak br 2hari bocor lg AJUR WES.

    BalasHapus
  35. MotorQ Megapro 2007 juga, bocor ada lebih dari 5x... lebih dari 5x juga aku kirim ke tukang patri buat nambal... akhirnya akhir bulan juni kemarin tangki aku ganti yg baru... yang lama aku jual laku 75ribu rupiah, beli yg baru seharga 555 ribu rupiah......lumayan,,,

    BalasHapus
  36. ajur pokoke....
    ternyata koncone okeh...

    BalasHapus
  37. hah...banyak temen senasib keknya nih..megy saya th 2008 , th 2010 udah bocor parah..terpaksa dilem besi awet..eh baru 5 bulan pindh tempat bocornya byuhhhh...perasaan dulu pake tiger edisi pertama ga pernah ngalamin bocor tangki..gile bener...btw katanya kl beli tanki baru udah di ahm katanya udah diperbaiki kualitas(tebel) bahannya ..tul ga brader...

    BalasHapus
  38. iya kualitasnya jelek banget, tipis platnya.. PUNYAKU DAH BOCOR 4 KALI

    BalasHapus
  39. Gua punya tips bro tahan 2bln, sumpel yg bolong pake kapas kasih alteco tutup pake plastick steel. tapi tunggu ampe bensin kering dulu. smoga membantu.

    BalasHapus
  40. Hahaha ane jg pake megapro 2008 sampei detik ini udah 4x bocor dan bocornya mengitari tangki dan sangat menjijikkan.tidak hanya kecil tp besar hingga 3cm-an.klo tu motor harganya 10rb dh ane bakar.tp inget belinya pake duit banyak ya gk ane bakar.semoga AHM bisa memperbaiki kualitasnya jika tidak ingin gulung tikar.

    BalasHapus
  41. Hello AHM masih pengen produksi g tuhh pabrik?? jujur skeluarga w pake honda semua. dari jaman kakek hingga cucu ny sekarang masih pke honda,, ternyata-eh ternyata sekarang cucu-nya mengalami kesialan yang sangat mendalam. masalah tangki harus hati2 bos AstraHondaMoccor(bocor)! tangki ntu isi nya BBM mudah kebakar!! namany doang gde apa g ada R n' D dsana??
    jangan2 CBR skrng tangkinya bisa bocor juga!
    saran : GANTI PAKE GALLON/DRIGEN AJA!!

    BalasHapus