Kamis, 24 November 2011

Apa sih enaknya turing dikawal???


Sering banget kita lihat, rombongan bikers turing atawa konvoi dengan dikawal patwal, entah dari klub sendiri, ataupun voorijder kepolisian.
Biasanya, yang paling sering dikawal emang klub moge sama HD. Saia sedikit maklum, karena dengan dimensi motor yang bongsor, juga mesin dan tenaga gede, mungkin dirasa akan menimbulkan kesulitan bagi rider-nya bila menemui kemacetan. Makanya dipakai pembuka jalan yang sekaligus memecah kemacetan agar rombongan ini bisa melaju lebih cepat dan mendapat prioritas jalan. Cuma, seyogyanya atau semalangnya :mrgreen: , mbok ya menghargai pemakai jalan lain ya pak? Sudah pake patwal dengan sirene meraung-raung, kok ya masih ada anggota rombongan yang mainin klakson dan sirene, plus bleyer-bleyer gas sehingga raungan dari knalpot mesin gede, yang sudah pasti suaranya keras en kencang, membuat pengguna jalan lain "terintimidasi", jadi takut sehingga terburu-buru minggir.

Balik ke topik deh, kok malah melenceng.
Sebenarnya, tujuan turing itu apa?? Kalo saia sendiri sih, meski sekarang sudah gak pernah turing jauh kayak pas jaman muda dulu, selain bisa tahu daerah lain yang belum pernah dikunjungi, sebenarnya yang paling asyik itu waktu di perjalanannya. Bukan tujuannya. Kalo sudah sampe lokasi tujuan sih, biasa aja. Paling muter-muter cari tahu, sudah.
Nah, justru di perjalanan yang lebih mengesankan, bisa nemu hal-hal menarik, entah pemandangan alam (tentunya berhenti sebentar dong), ketemu motor+rider yang unik, dan utamanya, bisa meng-klopkan diri dengan tunggangan. Jadi lebih bisa "akrab" dengan motor, menghadapi berbagai macam tipe jalan, hambatan dan cuaca, dan seringnya, pas nemu jalan lengang, bisa mengeksplorasi kemampuan motor dengan tetap hati-hati en jaga keselamatan alias safety riding dong.
Nah, kalo dikawal, otomatis jalannya kan kenceng, mak wuzzz....supaya cepet nyampe tujuan. Kayaknya, gak ada nikmat dan seninya turing deh, wong lagi konsentrasi menggeber motor menuruti patwal yang juga kencang. Boro-boro bisa berhenti sebentar menikmati pemandangan, bisa rapi sesuai formasi aja kayaknya susah, wong akhirnya pada balapan, geber-geberan motor masing-masing.
Kalo masbro sekalian gimana???

(gambar dari gugel)

7 komentar:

  1. benar bgt.. turing itu menikmati perjalanannya.. ane paling seneng klo menjelajah ke daerah baru, dpt inspirasi, dpt wawasan baru. klo pake patwal biasa ngejar sampe tujuan..

    BalasHapus
  2. ngejar waktu kali ya...banyak acara sudah menanti di tempat tujuan kali...

    BalasHapus
  3. yup, touring itu menikmati perjalanannya itu yg asyik, tempat tujuan nomor 2...

    BalasHapus
  4. namanya aja turing (touring)...menjelajah CMIIW

    BalasHapus
  5. seabrek acara menanti di tempat tujuan biasanya, makanya gas pol pake sirine :mrgreen:

    BalasHapus
  6. apalagi kalo yg bonceng kaya gambar diatas..... mantaaab...

    BalasHapus
  7. kalo itu,turing dikawal kemana aja ayooooo :lol:

    BalasHapus