Selasa, 23 November 2010

Ngobrol sama boncenger pas riding, aman gak sih???


Saia menulis artikel ini, karena agak kesal. Kemaren, pas berangkat kerja, sudah jalanan mulai macet, eh, masih ditambah perilaku seorang biker yang 'menggemaskan'. Posisi-nya kebetulan nanggung, gak di lajur kiri/lambat juga gak di lajur kanan/cepat. Mau saia salip dari kiri, terhalang angkot. AKhirnya saya klakson dan kedipkan lampu dim, rencana mau saia salip dari kanan aja. Eh, lha kok gak direspon, cuek aja, tetep jalan nanggung. Padahal spion juga lengkap terpasang, kok ya gak dilirik babar-blas.
Alhirnya, saia maksa nyalip juga. Sukses mendahului, saia sempatkan menoleh,tengok si biker itu.
Walah, lha ternyata asyik jagongan/ngobrol sama boncenger-nya!!! Dasar!! Makanya gak merhatiin spion, juga gak denger klakson saia, wong dia berusha konsen sama yang diajak ngobrol.
Dari situ-lah, saia ambil kesimpulan, kalo ngobrol, antara biker dan boncenger, kayaknya gak aman deh.
Apa alasan saia??? Simpel saja, karena memecahkan konsentrasi biker pengemudi. Sebabnya :
1. Karena berusaha mendengarkan apa yang diomongkan rekan di belakang, sementara suaranya kalah keras oleh suara kendaraan lain, dia sampai menoleh kebelakang. Akibatnya, keadaan lalu lintas didepan sekejap tidak terpantau, spion juga tidak dicek
2. Karena susah berkomunikasi tersebut, biker dan boncenger saling berteriak, sehingga ada bunyi apapun, misal klakson, tidak terdengar
3. Bila biker sampai menoleh kebelakang, kestabilan kemudi pasti terganggu, sehingga kewaspadaan dan gerak refleks hilang sudah. Bahaya didepan mata..

Jadi, gimana solusinya dong???
Sebisa mungkin dihindari, ngobrol dengan boncenger di belakang, kecuali memang sangat diperlukan, itupun seperlunya saja. Bila dalam rombongan turing, ada baiknya, menggunakan alat komunikasi yang dipasang di helm antara biker pengemudi dan boncenger di belakang.
Kalo saran pribadi saia sih, kalo mo ngobrol, ya berhenti aja alias minggir, cari warung ato di bawah pohon yang rindang, ngobrol deh sampe puas...Aman, gak beresiko dan membahayakan diri sendiri atau orang lain.
Gampang kan???

3 komentar:

  1. Yap saran yang bagus tuh buat biker
    Berkunjung balik nich...
    salam kenal aja ya dari Purworejo

    BalasHapus
  2. iay mas, buat safety aja benernya..
    makasih kunjungannya...
    salam dari ngalam..

    BalasHapus
  3. iku jenenge ndlereng bro aka gak konsen bahaya lah... :)

    BalasHapus