Senin, 14 November 2011

Waspada oknum debt collector leasing motor


Debt collector “gadungan” mulai memakan korban nih.
Dari link-nya cak Tarom
http://touringrider.wordpress.com/2011/10/11/kenapa-mereka-ngeliatin-tiap-motor-yang-lewat/
Beberapa hari yang lalu, seorang temen kantor cerita, kalo suaminya abis mau ditodong orang, untung selamat. Ceritanya, pak Anu (nama samaran aja yah) dari daerah Wagir, Kab Malang untuk suatu keperluan. Beliau naik Honda Fit X, keluaran 2006. Emang sih, belinya kredit, tapi sekarang udah lunas, dan BPKB-pun sudah disimpan aman di rumahnya.
Eh, ujug-ujug di areal agak sepi, ada persawahan, beliau disalip kemudian disuruh berhenti oleh 2 pria mengendarai Supra juga kalo gak salah ingat. 2 orang itu, bertubuh besar, dengan penampilan berotot layaknya debt collector. Mereka menggertak, sambil menuduh, kalo motornya belom lunas dan akan ditarik. Pak Anu, kebetulan agak besar juga orangnya, gak mau kalah. Pasang aksi melawan, padahal sebenarnya agak ngeri juga katanya. Beliau bilang kalo sudah lunas, dan BPKB ada. Si oknum tetap ngotot, bahkan menantang, ngajak ke A***A Finance, untuk dicros check. Pak Anu balik nantangin, ayo ke rumah saya aja, lihat BPKB-nya.
Singkat cerita, mereka beriringan, mau ke rumah Pak Anu. Posisi Pak Anu didepan, 2 oknum tadi di belakangnya mengikuti.
Arah ke rumah Pak Anu di wilayah Sukun, sebenarnya gak begitu jauh lagi dari lokasi. Sambil mendongkol, sekaligus was-was, Pak Anu berusaha tenang.
E, lha dalah, pas sampe depan rumahnya, Pak Anu berhenti trus nengok ke belakang, 2 oknum berboncengan tadi sudah gak ada!!!
Rupanya, entah takut kalo aksinya ketahuan ato gimana, mereka di tengah jalan memutuskan untuk kabur alias melarikan diri. Pak Anu cuma geleng-geleng kepala sambil bersyukur, dirinya lepas dari tindak kejahatan.
Sebenarnya, beliau emang sangat beruntung. Di lain hari, seorang tetangga, malah kebetulan beliau anggota militer, kompleks-nya depan rumah saia, akhirnya merelakan motornya Honda Supra yang dipakai anaknya sekolah, amblas dirampas dengan modus yang hampir sama. Sang anak, malam itu sekitar jam 7 malam, main ke Alun-alun Kota Malang bersama beberapa teman sekolah. Nah, di parkiran, dihadang beberapa orang yang mengaku juga dari salah satu leasing. Bedanya, di kasus ini, si korban disuruh ikut sampe ke pelataran kantor leasing. Berhubung sudah malam kan jelas tutup, si oknum debt collector mengancam, biar motornya ditinggal di situ, si anak disuruh pulang ngambil surat BPKB. Sampai dirumah, anak tadi lapor sama bapaknya. Sang bapak cuman ngelus dada, mo dicari kemana coba??? Wong pas disamperin ke kantor finance, cuma ada satpam, yang bilang kalau gak tahu menahu soal penarikan motor. Ya sudah, di-ikhlaskan saja, kata sang bapak legowo. Sampe sekarang-pun, BPKB dan STNK asli Supra tadi masih disimpan, katanya buat kenang-kenangan…
Pelajaran buat kita semua masbro. Terlepas dari motor kita, beli kredit ato tunai, sudah lunas atau belum, kita layak waspada bila ketemu dengan orang-orang tak dikenal a.k.a. oknum seperti itu. Setel tampang ngotot juga, wong emang gak salah. Waspada melintasi daerah sepi, simpan nomor telepon kantor polisi terdekat, atau teriak aja bila merasa terancam dan ada warga di sekitar lokasi.

Waspadalah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar