Selasa, 29 November 2011

Aksesoris modifikasi motor yang bisa bikin boros BBM

Modifikasi, pasang variasi alias part pendongkrak power mesin, sering dilakukan bikers pada motor kesayangan. Alasannya, selain menambah tenaga mesin sehingga notabene lebih kencang, juga atas nama keren di tampilan. Konsekuensi logisnya, pasti lebih boros BBM. Apa aja aksesoris yang bisa bikin boros bengsin??


1. Knalpot racing
Dengan desain yang lebih plong, saluran buang ini lebih cepat melepaskan gas buang, karena tidak perlu melewati sekat-sekat layaknya knalpot standar.

Selain tenaga mesin yang terasa lebih cepat keluar, suara yang dihasilkan pun lebih nendang (baca : keras), sehingga rider lebih terpacu mainkan gas, buat merasakan tarikan yang lebih dahsyat dan efek suara yang garang. Pelintir gas terus deh, meski motor diem di lampu merah.
2. Ban tapak lebar
Lebih stabil, memang betul. Apalagi tampilan, wah gagah...

Hanya efek sampingnya, gesekan karet ban ke aspal juga lebih luas, sehingga mesin perlu tenaga lebih buat memutar roda. apalagi kalo ban tipe kompon lunak, yang gigit banget alias lengket ke aspal. Sudah bikin boros bensin, juga boros ban karena lebih cepat habis komponnya digerus aspal.
3. Karburator racing
Ini kaitannya sama pakai knalpot racing. Saluran buang sudah ngeblong, berarti masukan bahan bakar harus lebih besar dong. Supaya pasokan bensin lebih deras, biasanya penyuka ngebut mengganti karburator standar dengan ukuran lebih besar.

Yang ini jelas-lah bikin boros, wong ukurannya aja lebih gede dari aslinya, yo pasti lebih rakus menyedot bensin. Padahal belum tentu terbakar semua tuh bensin. Boros dan sayang kan? Mending, sesuaikan dengan kebutuhan mesin. Kalo bisa, gak perlu ganti karburator, cukup setting ulang spuyer mainjet + pilotjet buat meladeni permintaan mesin.
Ayo, monggo ditambahi lain-lainnya...

3 komentar:

  1. Bukan hanya boros bro...bisa mengurangi umur mesin, karna kinerja mesin otomatis ngak setandar lagi...kinerja mesin seperti "DIPAKSAKAN" diperkosa gitu hehehe :)

    BalasHapus
  2. serem niyy, ada "acara diperkosa" segala :mrgreen:
    resiko buat yang suka :mrgreen:

    BalasHapus
  3. serem nih masbro, paka istilah "diperkosa" segala :mrgreen:
    motor bebek aja, yang kodratnya buat belanja, lha malah dipake balapan di sirkuit :lol:

    BalasHapus