Senin, 13 April 2009

Gampangnya buat SIM resmi di Malang (1)

Sebenarnya,sudah agak lama saya berniat untuk bikin SIM A, soale baru ada SIM C, trus rencana mo beli mobil he..he..he..
Masak mobil dah ada tapi gak bisa dipake gara-gara gak punya SIM? Padahal sebenarnya sudah lumayan bisa nyetir mobil. Mau keluar ke jalan raya, takut ditilang gara-gara gakda SIM-nya.
Mo buat SIM nembak, karena saya pikir ruwet kalo harus tes, eh ternyata untuk daerah Kabupaten Malang gak bisa. Sampe cari biro jasa segala, gak ada yang bisa untuk SIM Kab Malang. Yah nasib, kayaknya emang harus lewat jalur resmi....

Akhirnya, seminggu yang lalu, 6 & 7 April 2009, saya mengurus segala persyaratan untuk pembuatan SIM A baru.
Berbekal fotokopi KTP dan KK beberapa lembar, bondho nekat dan sedikit sok tahu, berangkat pagi-pagi dari rumah di Singosari ke Polres Malang di Kepanjen. Memang sudah diniati, mo ijin kerja setengah hari, buat ngurus SIM.
Sampe sana sekitar jam 08.00, langsung ke Satlantas, khusus buat pengurusan SIM. Buset, sekarang beda lho, gak ruwet kayak tahun 2006 kemarin, terakhir kesana saat perpanjangan SIM C. Sekarang rapi, loket-loket jelas peruntukannya, dan yang penting ada front office-nya. Saya langsung aja nanya ke Polwan di front office, untuk syarat-sayarat pembuatan SIM A baru. Dengan ramah dijelaskan, kalo persyaratan hanya fotokopi KTP dan KK aja. Mula-mula harus tes kesehatan dulu, katanya.
Sambil bawa fotokopi KTP, saya langsung meluncur ke Poli Kesehatan, di seberang Satlantas. Buset (lagi), antrinya kayak pembagian BLT, banyak banget. Ada yang ngurus perpanjangan, juga buat baru. Setelah dapat formulir, langsung diisi, dilampiri selembar fotokopi KTP, antrilah saya di terik matahari, sekitar 1 jam lebih. Begitu dipanggil, ukur tinggi dan berat badan,langsung dites mata aja, kayak di optik-optik gitu, lihat huruf-huruf. Singkat cerita lulus deh...
Dapat surat keterangan sehat, balik lagi ke front office, saya dikasih formulir permohonan SIM Baru. Harus diisi lengkap dan dilampiri fotokopi KTP 3 lembar dan KK 1 lembar. Ngisi juga mudah kok, ada panduan yang ditempel di meja-meja..
Setelah diisi lengkap, balik nanya lagi (3x) ke mbak Polwan, trus kemana lagi mbak???
Sambil senyum manis, beliau ngecek formulir dan kelengkapan dalam map (biru/hijau, beli sendiri ke warung dekat kantor Satlantas, 1500 perak). Oh, sekarang langsung bapak bawa aja ke ruang tes teori, di lantai bawah.
Deg--degg...deg.. ini mulai ruwet kayaknya...
Sambil bilang makasih, saya bawa map ke lantai bawah, tempat tes teori. Langsung saya masuk, wuzzz..., ruangannya bersih, tertutup rapat dan yang penting full AC bok!!! Saya ke bapak Pol yang ada di meja pendaftaran. Begitu diterima, beliaunya ramah bilang, Pak ditunggu lagi di atas ya, nanti kalo mau tes akan dipanggil kesini...
eng--ing--eng, tes dimulai (ke jilid 2)......

2 komentar:

  1. Thanks atas sharingnya.kebetulan saya mau bikin sim c.tapi kemarin saya ke polres panjen tanya petugas katanya pembuatan sim di polwil singosari.

    BalasHapus
  2. Sama-sama...makasih dah mampir
    memang, per November 2010 kemaren (kalo gak salah) pembuatan SIM semua di SATPAS d/h. Polwil Malang, di Jln Raya Mondoroko-Singosari.
    SIM baru semua disana, untuk perpanjangan, Malang Utara di SATPAS, Malang Selatan di Polres Kepanjen. Bisa juga lewat SIM Keliling..

    BalasHapus