Minggu, 06 Juni 2010

Burn out, gaya dasar freestyle (2)




Gaya atawa teknik kedua yang akan kita bahas adalah burn-out. Inti dari teknik ini adalah bagaimana membuat ban belakang berputar sementara posisi motor tetap diam di tempat.
Kuncinya adalah memainkan rem depan secara maksimal, dan menaikkan putaran mesin secara spontan, hingga tergapai tenaga maksimum untuk mampu memutar roda belakang.
Awalnya memang agak susah, namun bila tahu spek tenaga motor, yaitu tahu di pitaran mesin berapa tenaga maksimum dicapai, akan lebih mudah.
Tekan rem depan maksimal, sambil posisi rider berdiri mengangkangi motor. Masukkan persneling ke gigi 1, lalu buka gas, bisa secara spontan, bisa pula bertahap bila masih awal..Roda belakang, awalnya pasti berat berputar di tempat, namun bertahap akan bisa spin. Bila terasa motor mulai terdorong ke depan, tahan dengan posisi kaki menahan di tanah/aspal. Tambah tekanan pada rem depan bila motor terus bergerak maju.
Kemudian, setelah mesin mencapai putaran maksimum pada persneling 1, oper dan naikkan ke gigi 2. Biasanya, sudah lancar spin-nya, karena roda sudah mulai lancar berputar di tempat. Nah, posisi motor diam sambil ban berputar di tempat alias burn-out sudah bisa dipraktekkan to???
Biasanya akan lebih seru, bila suara ban menggesek aspal (mendecit) dibarengi kepulan asap hasil gesekan karet ban dengan aspal. Bila burn-out tidak terlalu kencang putarannya, asap akan sedikit timbul.
Bila Anda termasuk berani mencoba, apalagi sudah terbiasa, tidak ada salahnya menaikkan putaran mesin plus menaikkan persneling sehingga lebih kencang putaran ban belakangnya. Dijamin, asap akan bertambah banyak.
Ada trik bagi profesional. Sambil burn-out, coba beri sedikit air di aspal tempat roda belakang berputar..hati-hati terpeleset...asap sudah pasti ngebul...
Bila roda belakang berputar kencang, jangan pernah secara mendadak menduduki jok motor, karena beresiko, motor akan tersentak keatas, karena mendapat beban lebih secara tiba-tiba, sementara roda belakang masih berputar. Bisa-bisa terjungkal kebelakang..
Hati-hati ya bro...jangan kelamaan burn-outnya..takut ban meletus..kayak gambar tuh, bahaya kan???
keep brotherhood and safety riding..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar