Selasa, 15 Juni 2010

Stoppie, gaya dasar freestyle (3 - habis)

Kita sekarang ke gaya dasar terakhir di freestyle, yaitu Stoppie. Masih mengandalkan keseimbangan dan feeling posisi motor, gaya ini termasuk sulit dan agak berbahaya.
Kalo di wheelie, resiko motor+rider rawan terjengkang (ke belakang), nah di stoppie ini, motor+rider rawan terjungkal ke depan.
Arti stoppie secara singkat adalah mengerem mendadak, dengan hanya menggunakan rem depan, saat motor sedang berjalan.
Gaya ini belum pernah penulis coba, takut..Jadi tahu sedikit aja teorinya.
Jadi, saat posisi motor sedang berjalan, dengan kecepatan tidak terlalu tinggi, mungkin sekitar 20-40 km/jam, tekan rem depan sambil mengeser posisi duduk rider agak ke depan, sehingga tumpuan berat pindah ke bagian depan motor. Alhasil, motor (terasa) seperti direm mendadak dan menungging. Ini nih yang dinamakan stoppie. Ingat, jangan terlalu keras dulu ngerem-nya,karena perpindahan bobot secara mendadak ke depan, berbahaya, karena motor+rider bisa terjungkal ke depan bahkan tarbalik dan tertimpa motor.
Tetap pertahankan kestabilan motor, dan jangan merubah sedikitpun arah setang, karena dalam posisi menukik ini, sangat rawan terjadi motor roboh.
Bila terasa keseimbangan motor terganggu, turunkan posisi kedua kaki agar bisa mengimbangi. Tahan posisi motor yang nungging ini sampai motor benar-benar berhenti. Bila sudah berhenti, roda belakang akan turun dengan sendirinya ke aspal.
Sudah bisa?? Nah, Anda sukses melakukan stoppie...saya sendiri malah belum pernah mencoba, he..he..
Bisa teori doang ya..praktek kagak pernah..
Selamat mencoba..
keep brotherhood and safety riding..
(thanks for motorcycle.com & stephenlangitan.com for the image)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar